Kebutuhan masyarakat atas sistem pembayaran yang tersedia 24 jam dan non-stop 7 hari seminggu serta berlangsung secara instan ( real-time ), membuat Bank Indonesia mengembangkan BI-FAST sebagai moderenisasi sistem pembayaraan yang ada. Sebagai sistem baru yang diimplementasikan akhir tahun 2021, BI-FAST semakin diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan transfer dana maksimal Rp250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta Rupiah) per transfer. Oleh sebab itu, analisis kepuasan pengguna BI-FAST diperlukan untuk memberikan masukan terhadap pengembangan dan penyempurnaan BI-FAST. Metode analisis dilakukan menggunakan PIECES Framework yang terdiri dari variabel Performance , Information/Data , Economy , Control/Security , Efficiency , dan Service . Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner via Google Form terhadap 125 responden yang diperoleh berdasarkan metode Hair . Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pengguna terlihat dari nilai di tiap variabel PIECES dengan Performance sebesar 4,496, Information sebesar 4,480, Economy sebesar 4,620, Control sebesar 4,416, dan Efficiency sebesar 4,460 serta Services sebesar 4,506. Terhadap nilai PIECES yang berada di atas 4,4 diartikan bahwa BI-FAST memenuhi tingkat kepuasan pengguna dan sangat layak untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan transfer dana penggunanya. Nilai tertinggi diperoleh pada variabel Economy dengan 4,620 menunjukkan nilai ekonomis dari sisi biaya yang dikenakan kepada pengguna, merupakan faktor yang sangat diminati oleh pengguna BI-FAST.
Copyrights © 2023