ABSTRAK ‘Ayam Goyang Lidah Andalan’ adalah UMKM yang berada di Desa Wisata Kranggan. Ayam Andalan merupakan sebuah usaha yang bergerak pada bidang Food and Beverage (F&B) yang menjual makanan berbahan dasar ayam dengan menghadirkan menu ayam geprek. Dengan melihat situasi pasar penjualan ayam geprek di Indonesia, ayam Andalan dinilai memiliki peluang serta potensi untuk dapat dikembangkan. Namun, peluang dan potensi yang dimiliki oleh Andalan belum dapat dioptimalkan dengan baik. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk membantu peningkatan penjualan UMKM dengan memberikan pelatihan dan pendampingan produksi serta pemasaran digital UMKM Ayam Goyang Lidah Andalan. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Setelah melakukan semua metode pelaksanaan, UMKM mendapatkan pe yang signifikan dimana Andalan telah melakukan penjualan offline, mengembangkan produk baru, mengganti packaging, serta membuat social media. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa semua pelatihan, pendampingan, serta pembuatan social media kepada UMKM membantu meningkatkan hasil penjualan yang signifikan. Kata kunci: UMKM; Ayam Geprek; Pemasaran Digital; Pelatihan ABSTRACT ‘Ayam Goyang Lidah Andalan’ is an MSME located in the Kranggan Tourism Village. Ayam Andalan is a business engaged in the Food and Beverage (F&B) sector which sells chicken-based food by presenting a geprek chicken menu. By looking at the market situation for selling geprek chicken in Indonesia, Andalan chicken is considered to have the opportunity and potential to be developed. However, the opportunities and potentials owned by Andalan have not been optimized properly. This is because there are several problems faced by partners. The purpose of this research is to help increase UMKM sales by providing training and assistance in the production and digital marketing of the Ayam Goyang Lidah Andalan UMKM. The implementation method used is through the stages of preparation, implementation, evaluation, and reporting. After carrying out all the implementation methods, UMKM got significant results where Andalan has carried out offline sales, developed new products, changed packaging, and created social media. This gives the conclusion that all training, mentoring, and making social media for UMKM helps to increase significant sales results. Keywords: MSME, Ayam Geprek, Digital Marketing, Training
Copyrights © 2023