Journal of Servite
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal of SERVITE

Pelatihan Literasi Membaca dan Literasi Media Sosial bagi Anak dan Remaja

El Chris Natalia (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

ABSTRAK Rendahnya tingkat literasi dan pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia memberikan berbagai dampak bagi masyarakat, terutama anak-anak dan remaja. Anak-anak masih belum memahami budaya membaca dan menulis untuk mengembangkan diri. Saat ini perkembangan tekonologi membuat anak dan remaja sudah mulai menggunakan media sosial, baik di sekolah maupun rumah. Demi menghindari penyalahgunaan atau dampak negatif dari media sosial bagi anak dan remaja, serta meningkatkan literasi membaca dan menulis, maka diadakan pelatihan terkait literasi membaca dan media sosial. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Titian Foundation, dan STIKOM Yogyakarta. Pelatihan literasi membaca dan media sosial dilakukan di Titian Foundation CLC Kaliurang, Yogyakarta bagi siswa SD. Sedangkan, pelatihan literasi media sosial bagi siswa SMA dilakukan di Titian Foundation CLC Bayat, Klaten. Metode pelatihan literasi membaca dilakukan melalui membaca buku dongeng dan menuliskannya ke dalam bentuk lirik kemudian dinyanyikan dengan iringan musik hip-hop. Pelatihan media sosial di Titian Foundation Bayat dilakukan dengan penjelasan konsep, pemberian contoh melalui video, diskusi melalui pemberian kasus dan sharing pengalaman dalam menggunakan media sosial. Peserta yang hadir di Kaliurang maupun Bayat menunjukkan antusiasme yang tinggi dan semakin memahami pentingnya membaca, menulis, dan bijak dalam menggunakan media sosial. Kata kunci: anak, literasi; membaca; media sosial, remaja   ABSTRACT The low level of literacy and the development of technology in Indonesia has various impacts on society, especially children and adolescents. There are still children who do not really understand the culture of reading and writing to develop themselves. By today, technological developments have made children and adolescents start using social media, both at school and home. To avoid the misuse or negative impact of social media for children and adolescents, as well as to increase reading and writing literacy, workshops and socialization will be held regarding reading and social media literacy. This activity is in collaboration between Atma Jaya Catholic University of Indonesia, Titian Foundation and STIKOM Yogyakarta. Reading and social media literacy workshops were conducted at Titian Foundation CLC Kaliurang, Yogyakarta for elementary school students. Meanwhile, a social media literacy workshop for high school students is carried out at Titian Foundation CLC Bayat, Klaten. The implementation method for reading literacy is done through reading fairy tale books and writing them in the form of lyrics to be sung to the accompaniment of hip-hop music. Social media workshop at Titian Foundation Bayat is carried out by the explanation of concept, providing examples through videos, discussing cases through, and sharing experiences in using social media. Participants who attended both Kaliurang and Bayat showed good enthusiasm and increasingly understood the importance of reading, writing and being wise in using social media. Keywords: children, literacy, reading, social media, youth

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

servite

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang layanan masyarakat. Journal of Servite khususnya berfokus pada permasalahan sebagai berikut Pemberdayaan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi Diseminasi ...