Dari hasil observasi dan wawancara, guru kurang kreatif dan inovatif dalam memilih media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan ketika membaca buku dan kesulitan dalam menemukan ide pokok. Berdasarkan hasil tersebut penulis bermaksud dengan mengembangkan media pembelajaran yaitu berupa produk yang berjudul “Pengembangan Media E-Book Cerita Anak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasarâ€. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterterapan media E-Book cerita anak pada kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Draf produk diuji oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 3 pengguna. Hasil dari validasi ahli materi pertama memperoleh angka persentase 90%, ahli materi kedua mendapat angka persentase 95% dengan kategori “Sangat Tinggiâ€. Hasil dari validasi ahli media mendapat angka persentase 88%. Hasil dari validasi pengguna pertama mendapat angka persentase 82%, pengguna kedua mendapat angka persentase 90%, pengguna ketiga mendapat angka persentase 98% dengan kategori “Sangat Tinggiâ€. Sehingga media E-Book cerita anak dapat diterapkan pada siswa kelas V sekolah dasar
Copyrights © 2023