Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan karena bahan ajar berupa buku paket dan LKPD yang dirancang sendiri oleh pendidik masih kurang membantu peserta didik dalam pembelajaran dan kurangnya antusias peserta didik dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hal itu dilakukanlah penelitian pengembangan pocket book berbasis STEM pada materi barisan dan deret untuk peserta didik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pocket book berbasis STEM yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket praktikalitas, pedoman wawancara, dan tes efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pocket book yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata , praktis dengan nilai rata-rata , dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan nilai rata-rata .
Copyrights © 2023