Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen kegiatan ektrakulikuler yang di terapkan di KB-TK Islam al azhar 34 makassar. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan observasi kepada kepala sekolah dan 2 guru pendamping. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 3 tahapan dalam manajemen kegiatan ektrakulikuler dalam mengembangkan minat bakat anak usia dini yaitu perencanaan kegiatan ektrakulikuler, pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler dan evaluasi kegiatan ektrakulikuler. Perencanaan kegiatan ektrakulikuler direncanakan oleh guru pendamping dan kemudian dilakukan rapat dengan guru dan sosialisasi kepada orang tua anak didik, pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler memiliki 7 kegiatan ektrakulikuler yaitu, menari, memanah, iqra, mewarnai, karate, futsal dan English. Evaluasi kegiatan ektrakulikuler mempunyai kelebihan dan kekurangan. Konsep yang diterapkan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dapat membantu mengembangkan minat bakat anak dalam diri anak sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam konsep yang di terapkan ini agar dapat mengembangkan minat bakat kepada anak sesuai dengan apa yang diharapkan guru.
Copyrights © 2023