Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAUD non-linier se-Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Studi pendahuluannya melibatkan pengawas PAUD kecamatan dan guru PAUD di Kecamatan Pasean, terutama bagi mereka dengan kualifikasi nonlinier. Guru-guru di kecamatan tersebut cenderung kurang mempersiapkan pembelajaran secara matang karena guru memiliki peranutama dalam mendidik dan harus mempersiapkan materi dengan baik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAUD se-kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, dan sampel 35 guru merupakan hasil sampel purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala Likert kemudian dianalisis dengan statistic deskriptif. Rata-rata skor kompetensi pedagogik guru PAUD nonlinier adalah 76,22, dengan kategori cukup baik. Mayoritas guru memiliki kompetensi yang cukup baik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan keterampilan dan kompetensi pedagogik guru dapat dilakukan melalui partisipasi dalam seminar, pelatihan, pemanfaatan teknologi, peningkatan kualifikasi pendidikan, dan partisipasi orang tua serta masyarakat. Guru perlu menjadi inovatif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dan sekolah perlu memberikan dukungan melalui program pelatihan tersebut.
Copyrights © 2023