Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 4: September 2023

PEMBERDAYAAN KELOMPOK GURU DALAM PENGGUNAAN GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sri Nuraini (Universitas Negeri Jakarta)
Taufik Rihatno (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)
Desy Safitri (Universitas Negeri Jakarta)
Sujarwo (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Gamifikasi dalam pembelajaran merupakan pendekatan yang menggunakan elemen-elemen permainan untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Gamifikasi dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif bagi siswa. Dengan menggunakan elemen-elemen permainan, siswa dapat merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, membangun motivasi internal untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan merasa puas dengan pencapaian yang mereka raih. Selain itu gamifikasi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran, maka diperlukanlah suatu pemberdayaan bagi kelompok guru Sekolah Dasar melalui gamifikasi. Hasil kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan gamifikasi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...