Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11, No 2 (2023): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Identifikasi Nematoda pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan Ikan Oeba

James Ngginak (UKAW)
Mineta E. Romode (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana)
Refli Sampe (Universitas Nusa Cendana, Penfui NTT)
Tiodor Sri Juniarti Manalu (Del Senior Highschool Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan salah satu sumber pangan yang bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis nematoda yang menginfeksi ikan tongkol (Euthynnus affinnis) yang didaratkan di pelabuhan ikan Oeba. Nemathoda merupakan salah satu kelompok parasit yang dapat menginfeksi manusia. Infeksi dari jenis parasit ini menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia seperti radang usus bahkan kematian. Salah satu penyebab Infeksi nemathoda pada manusia yaitu konsumsi daging ikan yang belum matang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel 20 ekor ikan yang akan dibedah disiapkan dengan ukuran variatif yaitu kecil, sedang dan besar. Identifikasi secara kualitatif keberadaan nemathoda dilakukan pada organ seperti insang, lambung usus dan hati. Organ tersebut diletakkan secara terpisah pada cawan petri berisi larutan fisiologis (0.85% NaCl), lalu dianalisis menggunakan mikroskop binokuler. Data yang diperoleh diolah dengan mengacu pada referensi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan satu jenis cacing yang menginfeksi ikan tongkol (Euthynnus affinis) yaitu Anisakis simplex. Nemathoda tersebut ditemukan pada bagian atau organ usus. dari 20 jenis ikan yang di jadikan sampel, sebanyak 2 ekor terinfeksi nemathoda pada kategori ukuran sedang dan besar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...