Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 2 (2022)

Peningkatan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas 4 Melalui Strategi Quiz Di SDN 13 Kinawai

widia sathikma (universitas islam negeri mahmud yunus batusangkar)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Abstrak Motivasi belajar siswa dibutuhkan dalam pembelajaran terlebih lagi dalam pembelajarn IPS,strategi quiz dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa peningkatan  motivasi belajar siswa  kleas IV sekolah dasar tahun ajaran 2021-2022.didalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas,dimana dalam jenis penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 kali siklus.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 13 Kinawai yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dilakukan secara II siklus,Dari II siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan jika strategi quiz ini pada siklus I untuk melihat aktivitas siswa didapatkan 50% siswa aktif,untuk aktivitas guru 67% .sedangkan untuk siklus II mengamali peningkatan motivasi belajar siswa,dimana aktivitas siswa mencapai 70%,untuk aktivitas guru mencapai 80%,dan untuk nilai rata-rata didapatkan siswa memperoleh hasil mencapai 95% siswa dan 90% aktivitas guru.Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa 80% motivasi belajar siswa kelas IV setelah menggunkan strategi quiz meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...