Rendahnya kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Hal ter- sebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvesional yang mana pembelajaran hanya berpusat pada guru sedangkan siswa tidak banyak di libatkan atau tidak aktif dalam pembelajaran. Pada kondisi ini metode strategi DRTA menjadi salah satu metode alternatif solusi, karena metode DRTA melibatkan interaksi antara murid dan guru. Sehingga tidak terjadi lagi pembelajaran yang hanya terpacu pada guru dan siswa. metode DRTA bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disekolah seperti perencanaan, implementasi, langkah-langkah dan bagaimana dampaknya ter- hadap kemampuan siswa sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk meninjau bagaimana metode DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Metode analisis yang digunakan yaitu Sistematic Literature Reviw (SLR) atau Tinjauan Pustaka Sistematis yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterprestasi seluruh semua hasil penelitian. Sampel analisis ini adalah 14 jurnal yang telah di terbitkan pada 10 tahun terakhir. Subjek pencarian sesuai dengan topik pembahasan peneliti, pelajaran Bahasa Indonesia, dan siswa sekolah dasar. Jurnal tersebut membahas metode DRTA, berdasarkan hasil temuan analisis metode DRTA memberikan pengaruh yang positif. Dari setiap artikel atau jurnal yang telah di analisis, terdapat perbedaan, tapi secara keseluruhan penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa metode DRTA untuk kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia pada siswa kelas tinggi sekolah dasar memberikan pengaruh yang signifikan dan meningkatkan kemampuan membaca terhadap siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2023