J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI HABITS OF MIND

Yugi Hilmi (Universitas Cipasung Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangya kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide matematis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP ditinjau dari habits of mind. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa SMPN 1 Singaparna kelas VII. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis, angket habits of mind dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa habits of mind tinggi sudah mampu mengungkapkan ide-ide matematis dalam menyelesaikan masalah dalam bentuk representasi visual (membuat gambar untuk memperjelas masalah), representasi simbolik (membuat persamaan matematis) dan representasi verbal (menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan kata-kata) dengan baik. Siswa habits of mind sedang sudah mampu untuk mengungkapakan ide dalam bentuk representasi simbolik dan representasi visual dengan baik tetapi untuk representasi verbal masih kurang. Siswa habits of mind kurang hanya mampu untuk mengungkapkan ide-ide matematis dalam bentuk representasi simbolik saja. Kesimpulannya capaian indikator kemampuan representasi matematis siswa SMPN 1 Singaparna berbeda-beda berdasarkan kebiasaan berpikirnya.   Kata Kunci: Representasi Matematis, Habits of Mind, Bangun Datar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...