Rendahnya kemampuan peserta didik ketika memecahkan permasalahan kontekstual mengenai bangun ruang sisi datar atau dikenal dengan kemampuan literasi matematis. Salah satu penyebabnya adalah sulit untuk memvisualisasikan masalah tersebut dan wingeom adalah software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah murid yang belajar tentang bangun ruang sisi datar dengan menggunakan aplikasi wingeom lebih unggul tingkat kemampuan literasi matematis nya dibandingkan murid yang tidak menerima pelajaran dengan wingeom. Metode dari proses riset ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah murid kelas 8 SMP Negeri 2 Cisoka, sedangkan untuk sampelnya adalah kelas 8A dan 8B yang diseleksi melalui Teknik purposive sampling. Adapun instrumen yang diberikan ada dua buah yaitu instrumen untuk pre-test serta post-test. Menurut pengujian dari independent sample t-test didapatkan Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi, yang mana 0.007 < 0.05 maka H0 dinyatakan ditolak sedangkan H1 dinyatakan diterima. Oleh karena itu, secara keseluruhan hasil penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh wingeom terhadap kemampuan literasi matematis datar yang besar pengaruhnya yaitu 0.655 dan termasuk kriteria sedang.
Copyrights © 2023