J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

Pengaruh Wingeom Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Opi Apianita Lestari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Novaliyosi Novaliyosi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Rendahnya kemampuan peserta didik ketika memecahkan permasalahan kontekstual mengenai bangun ruang sisi datar atau dikenal dengan kemampuan literasi matematis. Salah satu penyebabnya adalah sulit untuk memvisualisasikan masalah tersebut dan wingeom adalah software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran geometri. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah murid yang belajar tentang bangun ruang sisi datar dengan menggunakan aplikasi wingeom lebih unggul tingkat kemampuan literasi matematis nya dibandingkan murid yang tidak menerima pelajaran dengan wingeom. Metode dari proses riset ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah murid kelas 8 SMP Negeri 2 Cisoka, sedangkan untuk sampelnya adalah kelas 8A dan 8B yang diseleksi melalui Teknik purposive sampling. Adapun instrumen yang diberikan ada dua buah yaitu instrumen untuk pre-test serta post-test. Menurut pengujian dari independent sample t-test didapatkan Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi, yang mana 0.007 < 0.05 maka  H0 dinyatakan ditolak sedangkan H1 dinyatakan diterima. Oleh karena itu, secara keseluruhan hasil penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh wingeom terhadap kemampuan literasi matematis datar yang besar pengaruhnya yaitu 0.655 dan termasuk kriteria sedang. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...