Jurnal Bakti Nusa
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Bakti Nusa

PERANAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO DALAM MENGGEMBANGKAN DESA UNGGA SEBAGAI DESA WISATA KAMPUNG PERAK

I Wayan Joniarta (Universitas Mataram)
Hasyim Kholid Hasan Qorib (Universitas Mataram)
Winda Maliana Hainingsih (Universitas Mataram)
Fini Laelani Puspitasari (Universitas Mataram)
Abdullah Jundi (Universitas Mataram)
Dodi Setyawan (Universitas Mataram)
Ahliwathany Rivaldi (Universitas Mataram)
Huriah Huriah (Universitas Mataram)
Siti Umrah (Universitas Mataram)
Dini Suryaningsih (Universitas Mataram)
Fani Ladira (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2023

Abstract

Desa Ungga merupakan salah satu satu desa yang terletak di Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Ungga juga terkenal karena kerajinan peraknya, dan banyak toko seni di daerah wisata yang bermitra dengan perajin di desa ini. Permasalahan yang ada di perajin perak desa Ungga yaitu, kurangnya promosi dan pemasaran produk yang masih terbatas. Program kuliah kerja nyata  universitas Mataram tahun 2023 telah melakukan pemberdayaan perajin perak . Metode pendekatan partisipatif telah di lakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: 1) Pendataan jumlah perajin perak di desa Ungga, 2) Pembuatan media-media promosi kerajinan perak, 3)Pembuatan website e-comerce untuk pemasaran produk kerajinan perak, 4) Melatih operator yang akan mengelola website e-comerce.  Setelah melewati tahapan tersebut tim pelaksana mendekati para perajin untuk identifikasi produk perak unggulan  yang akan di unggah di website. Dari proses tersebut maka website e-comerce dengan .Link;(https://desaunggaofficial.wordpress.com/) telah bisa diakses. Perajin yang sudah memasukkan produk ke e-commerce tersebut yaitu : Jaelani (Jean’s Kreatif),Tamrin’s Silver (Tamrin Creative), Abdul kahar (Dul’s Silver), Farid, (DHIMAS SILVER) (https://unggacreative.mygostore.com). Tim pelaksana juga melakukan survey kepada masyarakat desa Ungga  untuk mencari tanggapan warga dengan adanya website e-comerce dengan cara mengedarkan kuisioner.  tersebut. Dari hasil survey  didapatkan hasil bahwa 90% masyarakat desa Ungga sangat setuju dengan adanya website tersebut dan 10 % yang tidak setuju. Sehingga dapat dikatakan bahwa program pembuatan website tersebut sudah berhasil mengangkat produk kerajinan perak di Desa Ungga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

baktinusa

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Bakti Nusa: adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi ilmiah hasil aplilkasi pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang saintek , soshum adn Umum. Artikel yang dipertimbangkan untuk dimuat adalah berupa hasil pengabdian atau hasil pemikiran yang belum pernah diterbitkan atau tidak ...