PeTeKa
Vol 6, No 4 (2023): PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)

MANAJEMEN PENDIDIKAN UNGGUL BERBASIS MADRASAH (MBM) PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KARAWANG

Sekar Ayu Widiastuti (Manajemen Pendidikan Islam, FAI, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Akil Akil (Manajemen Pendidikan Islam, FAI, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kasja Eki Waluyo (Manajemen Pendidikan Islam, FAI, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan berbasis madrasah, kegiatan belajar mengajar, proses evaluasi madrasah, kurikulum dan kompetensi yang digunakan, serta standar kelulusan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Mengenai tempat dilakukannya penelitian ini yaitu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan penelitian ini adalah asisten direktur bagian kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) berfokus pada evaluasi mutu pendidikan di tingkat madrasah dengan menggunakan delapan indikator utama yang dikaitkan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang berpedoman pada Kurikulum 2013 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang memiliki Penilaian Madrasah mandiri yang disupervisi langsung oleh Kepala Sekolah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...