Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan berbasis madrasah, kegiatan belajar mengajar, proses evaluasi madrasah, kurikulum dan kompetensi yang digunakan, serta standar kelulusan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Mengenai tempat dilakukannya penelitian ini yaitu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan penelitian ini adalah asisten direktur bagian kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) berfokus pada evaluasi mutu pendidikan di tingkat madrasah dengan menggunakan delapan indikator utama yang dikaitkan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang berpedoman pada Kurikulum 2013 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang memiliki Penilaian Madrasah mandiri yang disupervisi langsung oleh Kepala Sekolah.
Copyrights © 2023