Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 3 (2023)

PENGGUNAAN PERMAINAN WORLDWALL DALAM PROSES EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 5 TANGERANG

Ira Anisa Purawinangun (Universitas Negeri Jakarta)
Endry Boeriswati (Universitas Negeri Jakarta)
Fathiaty Murtadho (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 5 Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif berdasarkan angket yang telah dibagikan kepada partisipan atau subjek penelitian. Sedangkan, teknik pengumpulan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan angket yang dibagikan kepada peserta didik di SMAN 5 Tangerang kelas X IPS  yang berjumlah 60 orang. Kuesioner dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa permainan kuis Worldwall sangat cocok dan diminati oleh peserta didik ketika melaksanakan latihan soal atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hal ini terbukti bahwa peserta didik menyukai permainan kuis Worldwall karena memiliki desain yang menarik (80%), memiliki fitur yang beragam (10%) dan terdapat gambar yang menarik (10%). Visualisasi yang menarik tentu saja sangat menentukan bagaimana minat peserta didik terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kata Kunci: Permainan Worldwall, Evaluasi Pembelajaran 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...