Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Implementasi Problem Based Learning (PBL) Berrbasis Keterampilan Proses Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Erlin Ladyawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Nur Fathonah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan keberhasilan implementasi Problem Based Learning (PBL) berbasis keterampilan proses dalam menyelesaikan masalah matematika, keberhasilan ini ditunjukkan melalui kefektifan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma'arif NU Hasanudin Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang. Kelas tersebut sudah memenuhi representatif terhadap suatu keadaan, karena kelas ini mempunyai tingkat ketuntasan belajar rendah. Desain pada penelitian ini adalah The One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar dan lembar respon siswa. Soal pada tes hasil belajar adalah soal yang memenuhi indikator materi Pola Bilangan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh bahwa aktivitas siswa dari empat kali pertemuan berada pada skor ideal dengan rerata persentase pembobotan sebesar 79,5% dengan kategori “Aktif”. Hasil tes kemampuan memecahkan masalah matematika melalui Skor N-Gain sebesar 0,69 yang menunjukkan pada kategori “Sedang”. Berdasarkan data yang dikumpulkan dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan Problem Based Learning (PBL) berbasis keterampilan proses berhasil dalam memberikan bantuan untuk siswa dalam menyelesaikan masalah matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...