Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menganalisis tingkat pengetahuan guru geografi SMA mengenai sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis di Kabupaten Klaten. (2) menganalisis tingkat pemanfaatan sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis oleh guru geografi SMA di Kabupaten Klaten. (3) menganalisis tingkat keberlanjutan pemanfaatan sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis oleh guru geografi SMA di Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi pada jenjang SMA di Kabupaten Klaten yang berjumlah 46 responden dengan teknik sampling adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat pengetahuan guru geografi SMA mengenai sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis di Kabupaten Klaten berada pada kategori sedang dengan skor 6,67. (2) tingkat pemanfaatan sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis oleh guru geografi SMA di Kabupaten Klaten berada pada kategori rendah dengan skor 29.87. (3) tingkat keberlanjutan pemanfaatan sumber belajar digital pada pembelajaran sistem informasi geografis oleh guru geografi SMA di Kabupaten Klaten berada pada kategori sedang dengan nilai 54,17.
Copyrights © 2023