Siswa kelas V SD VITA mengalami kesulitan kerjasama dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Melihat karakteristik siswa SD yang cenderung mengerjakan tugas individu dan kurangnya interaksi sosial yang terjadi, maka model pembelajaran Hybrid Learning hadir menjadi alternatif dalam pembelajaran yang meningkatkan kerjasama siswa di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Hybrid Learning. Desain penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis atau analisis , Design atau perancangan, Development atau pengembangan, Implementation atau penerapan, dan Evaluation atau evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkanadanya keefektifan yang mengalami kenaikan dari 38,33% menjadi 70,07% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan kriteria keberhasilan yang digunakan maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model hybrid learning dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas V SD VITA
Copyrights © 2023