COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 6 No. 3 (2023)

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi model project citizen

Muhamad Furqon Al Hadiq (STKIP Bina Mutiara Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Model Project Citizen dalam pembelajaran Konsep Dasar PPKn serta dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Implementasi dilakukan dalam tiga pertemuan dengan melibatkan enam langkah, yaitu mengidentifikasi masalah, pemilihan masalah sebagai fokus kajian, pengumpulan data informasi terkait masalah, pembuatan portofolio kelas, penyajian portofolio, dan refleksi atas pengalaman belajar. Data kemampuan berpikir kritis mahasiswa dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Model Project Citizen. Skor posttest mahasiswa menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan skor pretest, dan terdapat peningkatan yang konsisten pada skor maksimum dan minimum. Hasil analisis statistik juga menunjukkan bahwa data pretest dan posttest terdistribusi normal serta memiliki varian yang sama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan Model Project Citizen efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Model ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah masyarakat, mengumpulkan informasi relevan, menganalisis data, serta menyajikan hasil kajian melalui portofolio. Penekanan pada proses berpikir kritis dalam pembelajaran ini memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan keterampilan berpikir mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...