Arty: Jurnal Seni Rupa
Vol 12 No 1 (2023): Regular Issue

VISUAL IDENTITY DESIGN AND ITS APPLICATION IN DESTINATION BRANDING KAMPUNG BATIK SEMARANG

Widyalintang, Ari (Unknown)
Supatmo, Supatmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Kampung Batik Semarang merupakan salah satu destinasi wisata sentra Batik Semarangan yang mulaidigalakan kembali sejak tahun 2006 di Kota Semarang. Kendati demikian masih banyak wisatawanyang belum mengenal Kampung Batik Semarang sebagai destinasi wisata di Kota Semarang. KampungBatik Semarang belum memiliki identitas visual yang penting untuk mengidentifikasi karakter yangmembedakan Kampung Batik Semarang dengan destinasi wisata lain. Kampung Batik Semarangmemerlukan identitas visual sebagai sarana pengembangan destination branding yang bertujuan untukmeningkatkan awareness masyarakat terhadap Kampung Batik Semarang dan meningkatkan kunjunganwisata ke Kampung Batik Semarang. Oleh karena itu, Kampung Batik Semarang memerlukanrancangan Identitas visual dan aplikasinya pada destination branding Kampung Batik Semarang berupaidentitas visual (logo dan slogan), media promosi, promotional product,dan wayfinding sign. Prosesperancangan identitas visual dan aplikasinya terbagi kedalam beberapa tahap, yaitu tahap : 1)preliminary, 2) pra produksi, 3) produksi, dan 4) pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan logo,slogan, desain media promosi (through the line & below the line), desain promotional product, dandesain wayfinding sign (informational sign, directional sign, identificational sign).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arty

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Arty: Jurnal Seni Rupa focuses on the research of visual art studies through the experiences exchange among educators, artists, and researchers. Its primary goals is to promote quality research on conceptual ideas, studies, application of theories, and visual art reviews. Contributions may ...