Arty: Jurnal Seni Rupa
Vol 12 No 2 (2023): Regular Issue

Design of Lumpia Semarang Introduction Comic for Generation Z

Nadia Sigi Prameswari (Universitas Negeri Semarang)
Nabila Rizky Amilya (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Kota Semarang memiliki beberapa jenis wisata yang menarik perhatian wisatawan terutamawisata kuliner. Terdapat ragam makanan khas yang memiliki nilai sejarah dan budaya, seperti Lumpia Semarang yang paling sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Lumpia Semarangmemiliki kisah sejarah awal mula yang romantis dan sederhana, dikenalkan secara luas melalui beragam media baik itu media digital maupun media cetak, salah satunya adalah media komik, dimana komik merupakan media yang efektif sebagai media promosi dan edukasi yang bisa di akses baik secara offline, maupun online agar bisa menjangkau anak muda, terutama Generasi Z yangakrab dengan internet. Lamanya penggunaan internet mempengaruhi durasi waktu dalam melihatlayar gadget. Penggunaan komik cetak diharapkan dapat mengurangi durasi waktu dalampenggunaan gadget sekaligus dapat memperkenalkan Lumpia Semarang baik dari awal mulahingga nilai sejarahnya. Proses perancangan komik meliputi pencarian referensi, membuat desain karakter, plot cerita, sketsa, lineart, pemberian efek dan teks, lalu tone dan pewarnaan hinggamenjadi sebuah komik yang terdiri dari epilog, dua chapter, lalu epilog dengan total 36 halaman yang menceritakan sekelompok mahasiswa yang sedang mencaritahu asal mula LumpiaSemarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arty

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Arty: Jurnal Seni Rupa focuses on the research of visual art studies through the experiences exchange among educators, artists, and researchers. Its primary goals is to promote quality research on conceptual ideas, studies, application of theories, and visual art reviews. Contributions may ...