Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Penggunaan Media Story Maps dalam Pembelajaran Geografi dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Singaraja

Restu Ade Yanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Made Astawa (Unknown)
I Made Sarmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) penerapan media ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan minat belajar, (2) minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media ArcGIS Story Maps, dan (3) pengaruh media ArcGIS Story Maps terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran geografi pada kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design menggunakan studi populasi/sensus pada dua kelas. Kedua kelas memiliki kesetaraan sehingga dilakukan randomisasi dan menetapkan kelas XI IIS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok kontrol serta guru geografi pada kelas bersangkutan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis inferensial menggunakan uji-t serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah mampu mengimplementasikan media ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran geografi dengan kriteria sangat baik (89,93), (2) terdapat perbedaan minat belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah diimplementasikan media pembelajaran ArcGIS Story Maps dalam pembelajaran Geografi di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja (0,048 < 0,05), dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran ArcGIS Story Maps terhadap minat belajar Geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja (4,234 > 2,048). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media ArcGIS Story Maps dapat memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa dan dapat dijadikan sebagai referensi media pembelajaran bagi guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...