Model pembelajaran kooperatif tipe scramble merupakan model pembelajaran yang menekankan kerja sama dalam kelompok kecil menggunakan kartu soal dan jawaban, yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk suatu jawaban/pasangan konsep. Sedangkan media teka-teki silang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas, sehingga dapat membangunkan saraf-saraf otak yang memberikan efek menyegarkan ingatan sehingga fungsi kerja otak optimal. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur bumi dan dinamikanya di kelas VII SMP Negeri 2 Sintang Tahun Pelajaran 2017. Motode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah pre- eksperimental design, dengan desain pretest-posttest design.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes tertulis yaitu berupa tes hasil belajar, teknik dokumentasi dalam penelitian yaitu berupa fotofoto serta nilai yang berkaitan dengan hasil belajar siswa. Data hasil belajar di analisis menggunakan uji t. Data pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai thitung 12,92 > ttabel 1,994 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media tekateki silang terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa berada pada kriteria besar pengaruhnya dengan nilai (d) yaitu 1,89.
Copyrights © 2018