Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan

ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMPN 2 SINTANG KALIMANTAN BARAT

Rachmi Afriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang terfokus ke peserta didik, untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi penilaian pada kurikulum 2013, mengetahui bentuk instrumen penilaian yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sintang, mengidentifikasi hambatan dalam proses penilaian IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian bahwa guru umumnya melakukan penilaian konvensional tanpa adanya kebijakan khusus yang ditetapkan oleh pihak sekolah, tanpa instrumen khusus yang disesuaikan kebutuhan evaluasi, dan cenderung belum melaksanakan pengembangan, hambatan penilaian beragam meliputi perilaku siswa tidak terekam sehingga penilaian menjadi tidak objektif. Saran bagi guru yaitu perlu ditingkatkan lagi pemahaman dan kemampuan melakukan penilaian dan mengembangkan instrumen penilaian serta melengkapi sarana dan prasarana yang masih kurang untuk kemudahan dalam pelaksanaan penilaian bagi peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...