Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2019): edumedia JURNAL keguruan Dan ilmU pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP SINAR KASIH 2 SINTANG

Gradila Afriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Sinar Kasih 2 Sintang tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Sinar Kasih 2 Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrumen pengukuran adalah soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe pair cheks ditinjau dari guru dan siswa dikatagorikan tinggi dengan presentase masing-masing sebesar 90% dan 100%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair cheks terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di SMP Sinar Kasih 2 Sintang. Faktor internal dan faktor eksternal diduga mempengaruhi hasil pengujian yang dilakukan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edumedia: Jurnal keguruan dan Ilmu Pendidikan, merupakan jurnal ilmiah yang berada di bawah naungan FKIP Universitas Kapuas Sintang. Jurnal Edumedia secara berkala menerbitkan artikel ilmiah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel yang diterbitkan merupakan hasil penelitian atau kajian ...