Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan yaitu dengan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Joseph Khatulistiwa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan pengukuran dengan menggunakan soal tes berupa pilihan ganda.Hasil penelitian pada siklus 1 nilai rata-rata siswa 64 dengan nilai ketuntasan klasikal 66%. Sedangkan pada siklus 2, nilai rata-rata siswa 72 dengan nilai ketuntasan klasikal 87%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21% dari siklus 1 ke siklus 2.
Copyrights © 2020