Penelitian ini menekankan kepada peningkatan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran interaktif dengan pelaksanaan kegiatan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan empat langkah pokok, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleks. Subjek penelitian adalah guru-guru di Sekolah binaan di Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting terbukti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran interaktif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil penilaian keterampilan guru-guru di sekolah binaan dalam membuat video pembelajaran interaktif di mana pada kondisi awal rata-rata nilai 44,72 dan masuk dalam kategori Kurang (K), meningkat pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 69,61 dan masuk dalam kategori Cukup (C) dan pada siklus kedua dengan rata-rata nilai 90,30 dan masuk dalam kategori Baik (B). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan IHT Daring dengan Aplikasi Google Meeting di masa pandemi Covid 19 terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru-guru di sekolah binaan dalam membuat video pembelajaran interaktif.
Copyrights © 2022