Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran di sekolah karena masih terpaku pada buku-buku yang tersedia. Namun, sebagai pendidik melakukan inovasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran yaitu dapat mengaitkan dengan konteks budaya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika yang mengaitkan dengan budaya dapat disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika dan aspek-aspek matematis pada aktivitas di bidang pertanian dan makanan khas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian eksploratif dan menggunakan pendekatan etnografi. Instrumen penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam konsep-konsep matemtatika dan aspek-aspek matematis pada aktivitas bidang pertanian dan makanan khas yaitu terdapat konsep-konsep matematika segi empat, perbandingan, aritmatika sosial dan aspek-aspek matematis yang dapat dicari yaitu pada aspek menghitung, mengukur, merancang dan mengelompokkan yang dapat dijadikan sumber pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat menarik perhatian siswa dalam belajar karena mengaitkan aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari dan tidak mengalami kejenuhan dalam belajar yang selalu mengacu buku ajar saja.
Copyrights © 2023