Tsaqafatuna: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 5 No. 2 (2023): Inovasi dan Pengelolaan Pendidikan Islam

Pengaruh Pembelajaran Al-Quran Hadist Terhadap Kemampuan Baca Tulis Qur’an di MTs Darul Ulum Waru

Imroatul Chasanah, Imroatul Chasanah (Unknown)
M. Sholehuddin Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat 3 tujuan : (1) Untuk mengetahui pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo, (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs.Darul Ulum Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian prosentase dan product moment. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu P=F/N x 100% dan korelasi product moment. Teknik pengampilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling . adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuosioner) dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Berdasarkan Analisa prosentase bahwa Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Darul Ulum Waru menunjukkan hasil 85,94% dikategorikan Sangat Baik. (2) Berdasarkan Analisa prosentase bahwa Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di MTs. Darul Ulum Waru menunjukkan hasil 88,30% dikategorikan Sangat Baik. (3) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits berpengaruh terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di MTs. Darul Ulum Waru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tsaqafatuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal ilmiah berkala terbuka yang dikelola oleh STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi penerbitan 2 kali setahun yaitu bulan Mei dan Oktober. Fokus kajian bertemakan pendidikan agama islam dari beragam aspek, baik metode dan teknik ...