Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 2 (2023): Oktober

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD

Satriani, DH, Satriani, DH (Unknown)
Muin, Awaluddin (Unknown)
kasmira, mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran poster session untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 358 Pengkasalu kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksananakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dia kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu teahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran poster session oleh guru dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 18 siswa, Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjkkan bahwa terdapat hasil belajar IPA siswa siklus I termasuk kualifikasi Cukup (C) dan siklus II termasuk kualifikasi Baik (B). Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan hasil belajar IPA.Kata kunci:Strategi pembelajaran, poster session, hasil belajar IPA

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...