Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
Vol 9, No 2 (2023)

Peran Adverse Childhood Experience terhadap Internalizing Problem dan Externalizing Problem pada Remaja

Bakhtiar Bakhtiar (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Nandy Agustin Syakarofath (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Diah Karmiyati (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)
Dian Caesaria Widyasari (Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Perkembangan manusia memiliki berbagai macam tahap atau periode yang saling terkoneksi dan mempengaruhi periode perkembangan selanjutnya. Adverse childhood experience merupakan pengalaman yang menjadi sumber stres dan trauma akut yang dialami oleh individu selama masa kanak-kanak, terutama selama di usia 18 tahun awal kehidupan, yang dalam beberapa literatur dapat meningkatkan kemungkinan gangguan perilaku internalizing problem dan externalizing problem. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran adverse childhood experience terhadap internalizing problem dan externalizing problem. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian mengindikasikan adanya pengaruh positif yang signifikan antara adverse childhood experience terhadap internalizing problem dan externalizing problem (β = 0,287; p<0,05 dan β = 0,280; p<0,05). Adverse childhood experience pada remaja memberikan sumbangsih positif terhadap internalizing problem sebesar 8,2% dan externalizing problem sebesar 7,8%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gamajop

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology ...