Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
Vol 9, No 2 (2023)

Efek Penggunaan Emoji pada Kefasihan Pemrosesan dalam Bersosial Media: Studi Eksperimental

Ghina Salsabila (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Bthari Salsabiela Rohadatul Aisy (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Rias Rana Salsabila (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Wury Utami Febriani (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Lia Nur Hafisah (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)
Muhammad Abdan Shadiqi (Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Emoji sering digunakan untuk menunjukkan emosi saat berkomunikasi di media sosial, sehingga diperlukan kefasihan pemrosesan untuk memahami dan mempercayai isi pesan secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penggunaan emoji terhadap kefasihan pemrosesan. Partisipan penelitian adalah mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2017-2020 yang menggunakan media sosial Twitter, dan berusia lebih dari 17 tahun sebanyak 61 orang. Penelitian ini merupakan eksperimen replikasi dengan desain between subjek yang dilakukan pada dua kelompok eksperimen yaitu kelompok perlakuan kongruen (pemberian emoji yang sesuai makna teks) dan inkongruen (pemberian emoji yang tidak sesuai makna teks). Hasil independent sample t-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kefasihan pemrosesan antara kedua kelompok perlakuan. Hal ini berarti bahwa tidak ada efek penggunaan emoji terhadap kefasihan pemrosesan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gamajop

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology ...