Sharing: Journal Of Islamic Economics, Management And Business
Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR DESA SUBARAK KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KAMPAR

Merry Meilany (IAI Edi Haryono Madani)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan Kampar. Objek penelitian ini adalah masyarakat Desa Subarak yang melakukan pengurusan di kantor Desa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang di ambil sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. , berdasarkan uji t nilai tabel diperoleh sebesar 1,985. Dan diperoleh nilai terhitung sebesar 8.347 sedangkan untuk nilai tabel diperoleh sebesar 1,985. Hal ini menjelaskan bahwa terhitung (8.347) > tabel (1,985) dengan sig 0,000 < sig 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Subarak Kecamatan Gunung Sahilan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Kondisi ini menunjukkan jika kualitas pelayanan publik ditingkatkan kembali seperti dalam hal kepastian waktu, tanggung jawab dan kedisiplinan pegawai kantor Desa Subarak maka masyarakat akan merasa puas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sharing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal title : Sharing: Journal of Islamic Economics, Management and Business Initials : Sharing Frequency : 2 issues per Year P-ISSN : 2964-8645 E-ISSN : 2985-3370 Editor in Chief : Dr. Mohd. Winario Publisher : Department of Islamic Economics, Universitas Pahlawan Tuanku ...