PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik
Vol. 3 No. 06 (2023): ADMINISTRASI PUBLIK

KINERJA PELAYANAN PUBLIK APLIKASI KNG (KLAMPID NEW GENERATION) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

Faizal Ardiansyah (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Arif Darmawan (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Yusuf Hariyoko (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan transformasi baru dari web E-Lampid berubah menjadi aplikasi KNG (Klampid New Generation) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara cepat dan mudah. Dalam penerapan aplikasi KNG (Klampid New Generation) di Surabaya perlu diperhatikan tentang bagaimana kinerja pelayanan  penerapan KNG. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan pada penerapan aplikasi KNG di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang dijadikan sebagai informan didalam penelitian ini sebanyak 4 orang. Hasil penelitian ini menggunakan teori Kinerja Pelayanan (Lenvinne), yaitu: 1). Responsivitas yaitu mengukur daya tanggap pembuat terhadap harapan, keinginan, dan aspirasi serta tuntuan pengguna 2). Responsibilitas yaitu suatu ukuran yang mennunjukkan seberapa jauh proses pemberian pelayanan public itu dilakukan. 3). Akuntabilitas yaitu suatu ukuran yang menunjukkan seberapa besar tingkat kesesuaian antara penyelenggara pelayanan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

praja

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, e- ISSN: 2797-0469 ini diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, Community of Research Laboratory Surabaya, Indonesia sebagai media komunikasi dan diseminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Administrasi Publik; Manajemen Publik; ...