Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Kawana Padang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu konsumen Hotel Kawana Padang. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi bukti fisik (tangible) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi kehandalan (reliability) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,029 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi daya tanggap (responsiveness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi jaminan (assurance) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,012 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi empati (empathy) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05. Besarnya pengaruh dari variabel kualitas pelayanan berdasarkan dimensi bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) terhadap variabel dependen sebesar 88,7%, sisanya sebesar 11,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci : Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy), dan Kepuasan Konsumen
Copyrights © 2023