Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat stres akademik berdasarkan tiga bentuk strategi coping yang berbeda (problem-focused coping, emotion-focused coping, less useful coping). Adanya transisi ekstrim yang terjadi pada mahasiswa dari masa Sekolah Menengah Atas ke tingkat pendidikan tinggi yang menyebabkan beberapa kendala pada mahasiswa baru dan menjadikan kendala ini sebagai stressor. Stres yang muncul di lingkungan sekolah atau lingkungan pendidikan inilah yang disebut dengan stress akademik. Penelitian ini dilakukan pada 120 mahsiswa baru yang ditentukan melalui metode survei dengan cara membagikan kuesioner secara random. Peneliti mengumpulkan data dari kuesioner yang telah disebar, menganalisis dan menginterpretasi data, dan mendeskripsikan hasilnya. Penelitian ini menggunakan dimensi waktu cross-sectional. Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-life Stress Inventory milik Gadzella dan Brief-COPE milik Carver. Analisis data dilakukan dengan bantuan program statistik SPSS versi 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat stres akademik berdasarkan problem-focused coping, emotion-focused coping, dan less useful coping pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unair angkatan 2023 (p value= 0,031 < 0,05). Selain itu, hasil analisis perbandingan dua kelompok koping menunjukkan ada perbedaan stress akademik berdasarkan problem-focused coping dengan emotion-focused coping dan problem-focused coping dengan less useful coping, sementara emotion focused coping dan less useful coping ditemukan tidak menimbulkan perbedaan stress akademik yang signifikan. Diantara tiga jenis strategi coping tersebut, yang paling tinggi nilai mean adalah less useful coping, sedangkan jenis coping dengan nilai mean paling rendah adalah problem-focused coping. Adapun mayoritas mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga mengalami stress pada level sedang dan jenis strategi coping yang paling banyak digunakan adalah emotional focused coping.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023