Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Ingka Tonge1 (Universitas Negeri Gorontalo)
Meyko Panigoro (Universitas Negeri Gorontalo)
Agil Bahsoan (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP negeri 1 telaga kabupaten gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitiann kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga dan nilai hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu. Jumlah penarikan sampel dalami penelitian ini sebesar 66 responden. Teknis analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi dan hasil uji hipotesis terdapat pengaru positif pada penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP negeri 1 telaga kabupaten gorontalo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...