Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12 No 2 (2023): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Versus Model Pembelajaran Langsung dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA

Muhammad Saiful Wajdi (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rufi’i Rufi’i (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
I Wayan Arsana (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjaring data tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran project-based learning, pembelajaran langsung dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan penelitai eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group design. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik dan meningkat secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) Motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran project based learning diitinjau dari motivasi tinggi dan rendah lebih tinggi hasil belajar yang diperoleh dengan penggunaan model pembelaharan langsung, (3) Interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar sama-sama memiliki peran yang sama untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...