Abstrak: Kota Bandung merupakan kota tujuan destinasi yang banyak diminati olehwisatawan baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Terdapat berbagai wisata yangada di Kota Bandung, diantaranya wisata heritage, kuliner, budaya, belanja, dan wisatalainnnya. Adanya peningkatan jumlah wisatawan, diikuti juga dengan meningkatnyakebutuhan hotel untuk wisatawan menginap. Pertimbangan wisatawan untukmeningkatkan tingkat hunian hotel adalah dengan berkembangnya fenomena staycation.Fenomena staycation sedang tren dikalangan milenial. Staycation adalah kegiatanmenginap pada hotel atau guesthouse di kota konsumen tersebut tinggal yangmemanfaatkan fasilitas hotel tanpa melakukan aktifitas diluar area hotel. (James at al.,2017). Dalam mendukung program pemerintah yang sedang berjalan di Indonesia yaitumengangkat Konsep Ekonomi Kreatif bagi para pengusaha pariwisata. Konsep inidikembangkan oleh Presiden Republik Indonesia yang berlaku dari tahun 2018 sampai2025 (perpres No 142 Tahun 2018). Perancangan hotel ini adalah new design yangberlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Bandung. Wisatawan lokal maupun mancanegaracenderung memilih hotel yang berada di sepanjang jalan karena tersedianya fasilitaspublik dan wisata yang mudah dijangkau. Pengadaan hotel ini bertujuan untukmemfasilitasi kebutuhan wisatawan. Perancangan city hotel ini menerapkan tema
Copyrights © 2023