JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2024): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Optimasi Penerapan Nano Spray Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Modifikasi Injeksi Dengan Metode Taguchi

Pratama Saputra, Agung (Unknown)
Purwanto, Wawan (Unknown)
Wagino (Unknown)
Setiawan, M. Yasep (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang paling optimal dari penerapan nano spray serta menggunakan perbandingan bahan bakar ethanol dan bensin dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah injeksi, dengan menggunakan metode Taguchi. Penelitian ini menggunakan robust design dengan 3 faktor dan 3 level, yaitu A (debit air level faktornya 1,45 ml/min, 2,90 ml/min, 4,35 ml/min), B (timming pengapian dengan level faktor 4o, 6o, 8oBTDC), dan C (Biogasoline level faktor perbandingan 10:90, 15:85, 20:80). Hasil penelitian yang telah dilakukan rancangan yang optimal untuk menurunkan hidrokarbon (HC) adalah menggunakan debit air 1,45 ml/min, timming pengapian dimajukan 2o, serta biogasoline perbandingan 10:90 Dan faktor yang paling berpengaruh adalah debit air dan timming pengapian, dan yang paling optimal pada karbon monoksida (CO) adalah debit air 2,90 ml/min, timming pengapian dimundurkan 2o, serta biogasoline perbandingan 10:90 dan faktor paling berpengaruh adalah timming pengapian.    This study aims to obtain the most optimal results from the application of nano spray and using ethanol and gasoline fuel comparisons in reducing exhaust emissions on 4-stroke injection motorcycles, using the Taguchi method. This study uses robust design with 3 factors and 3 levels, namely A (water discharge factor level 1.45 ml/min, 2.90 ml/min, 4.35 ml/min), B (ignition timming with factor level 4o, 6o, 8oBTDC), and C (Biogasoline fuel comparison factor level 10:90, 15:85, 20:80). The results of the research that has been done the optimal design to reduce hydrocarbons (HC) is to use a water discharge of 1.45 ml/min, ignition timming advanced 2o, and biogasoline comparison 10:90 And the most influential factors are water discharge and ignition timming, and the most optimal on carbon monoxide (CO) is a water discharge of 2.90 ml/min, ignition timming retreated 2o, and biogasoline comparison 10:90 and the most influential factor is ignition timming.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...