Penelitian ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam kegiatan memahami konsep dan dapat berhitung memberikan masukan kepada guru dalam memberikan pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Pengembangan mediapular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun menggunakan model pengembangan Baker dan Schultz. Modelzpengembangan Baker dan Schultz inizterdapatztujuhztahapan. Tahapan pengembangannya yaitu, formulation, instructional specifications, item tryout, product development, product tryout, product revision, dan operations analysis. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan pengembangan yaitu media ular tangga untuk anak usia 5-6 tahun. Media ular tangga ini bisa digunakan sebagai media untuk sumber belajar dan proses pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar. Pengembangan produk media ular tangga ini sudah diuji validasikan pada beberapa para ahli yaitu tiga ahli media dan dua ahli materi. Dari hasil uji validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata kualitas media yaitu 3,36 dan persentase 84,1%. Kemudian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata kualitas materi yaitu 3,4 dan persentase 85% yang termasuk pada kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil uji validasi ini menunjukkan bahwa media ular tangga dapat digunakan untuk media alternatif sebagai sumber pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun.
Copyrights © 2023