Penelitian ini mengangkat pembahasan mengenai “ Pelaksanaan Budaya Sekolah di SMP Negeri 31 Palembang” Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 31 Palembang dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 31 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru dan siswa. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 31 Palembang berjalan dengan baik. Dilihat dari indikator pelaksanaan budaya sekolah yaitu pengarahan, koordinasi, motivasi, dan komunikasi. Adapun faktor-faktor pendukung pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 31 Palembang adalah kepemimpinan yang kuat, keterlibatan semua bagian dan sumber daya yang memadai dalam mendukung pelaksanaan budaya sekolah. Adapun faktor penghambat pelaksanaan budaya sekolah di SMP Negeri 31 Palembang yaitu fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai.
Copyrights © 2023