Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak hanya mendidik untuk terampil memahami jenis-jenis teks, tetapi juga memahami karya sastra, salah satunya melalui puisi. Dalam kurikulum merdeka terdapat kemampuan literasi yang harus dikuasai peserta didik, salah satunya keterampilan membaca. Dalam hal karya sastra puisi, maka peserta didik diharuskan terampil membacakan puisi. Dibutuhkan metode yang tepat supaya peserta didik antusias, maka peneliti menggunakan metode suggestopedia berbantuan media spotify. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode suggestopedia terhadap keterampilan membaca puisi berbantuan media spotify pada peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan ialah true experimental design menggunakan posttest-only control design. Hasil yang diperoleh terhadap pembelajaran membaca puisi dengan metode suggestopedia berbantuan media spotify memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t menggunakan SPSS 27, diperoleh nilai sig. < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Â Tingkat keberhasilan membaca puisi pada kelas eksperimen sebesar 64%, sementara tingkat keberhasilan pada kelas kontrol sebesar 27%.
Copyrights © 2023