Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 4 (2023): November : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Pelaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran PAI Di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam

Salma Fadhilah Hanun (Unknown)
Charles Charles (Unknown)
Wedra Aprison (Unknown)
Fauzan Fauzan (Unknown)
Deswalantri Deswalantri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model project based learning dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Matur Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Informan penelitian ada dua, yaitu informan kuncinya adalah guru PAI kelas VII SMP N 1 Matur dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Matur. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaan model project based learning yang dilaksanakan dalam materi alam semesta sebagai tanda kekuasaan Allah SWT, guru PAI kelas VII melaksanakannya dengan enam langkah yaitu: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, dalam langkah ini kurang maksimal dalam pelaksanaannya karena guru membagi kelompok berdasarkan urutan tempat duduknya dan tidak secara heterogen sehingga masih ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam mengerjakan proyeknya. (3) menyusun jadwal, (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, dalam langkah ini perlu disempurnakan disebabkan guru hanya akan memberikan pengawasan ke peserta didik jika terdapat peserta didik yang ribut ataupun kelas tidak kondusif lagi suasananya yang akibatnya masih terdapat beberapa peserta didik yang tidak serius dan menganggu temannya yang lain dalam mengerjakan proyeknya. (5) menguji hasil, (6) mengevaluasi pengalaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Tarim

Publisher

Subject

Humanities Physics

Description

bidang Pendidikan, Pendidikan anak usia dini, Psikologi, Pengembangan Media dan Teknologi, Pengembangan dan Pembelajaran, Manajemen, Pendidikan Multikultural, Pengembangan Gizi dan Tumbuh Kembang ...