Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 6, No 2 (2023): Pembelajaran Sejarah berbasis Digital

Mengasah Profil Pelajar Pancasila dengan Sosiodrama: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di Malang

Prasety, Ella Jayahuda (Unknown)
Widiadi, Aditya Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan  penerapan sosiodrama dengan luaran film pendek sejarah untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila peserta didik di SMAN 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kepada peserta didik yang diperkuat dengan memberikan angket mengenai Profil Pelajar Pancasila di akhir kegiatan. Subjek penelitian terdiri atas 214 peserta didik dari enam kelas. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan sosiodrama dengan luaran film pendek sejarah berpengaruh signifikan terhadap pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila bagi peserta didik SMA Negeri 1 Tumpang. Hal tersebut sangat relevan dengan berbagai teori pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan ketrampilan peserta didik. Temuan penelitian mendukung konsep guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga harus mengembangkan kemampuan peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...