Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, efektivitas, serta praktikalitas dari LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data dari proses pengembangan diperoleh dari angket validasi ahli, hasil belajar pretest-posttest peserta didik, serta angket respon peserta didik. Adapun hasil dari validitas terhadap LKPD mendapat kategori sangat valid dan layak untuk digunakan dengan perolehan nilai koefisien validitas sebesar 0,83. Efektivitas dari LKPD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik memperoleh peningkatan N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori peningkatan tinggi. Sedangkan dari hasil analisis angket respon peserta didik terhadap LKPD memiliki kriteria sangat praktis dengan presentase 87,10%. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.
Copyrights © 2023