Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 3, No 2 (2023)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Annisa Khoiriyah (Universitas Tidar)
Eli Trisnowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, efektivitas, serta praktikalitas dari LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Data dari proses pengembangan diperoleh dari angket validasi ahli, hasil belajar pretest-posttest peserta didik, serta angket respon peserta didik. Adapun hasil dari validitas terhadap LKPD mendapat kategori sangat valid dan layak untuk digunakan dengan perolehan nilai koefisien validitas sebesar 0,83. Efektivitas dari LKPD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik memperoleh peningkatan N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori peningkatan tinggi. Sedangkan dari hasil analisis angket respon peserta didik terhadap LKPD memiliki kriteria sangat praktis dengan presentase 87,10%. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis STEM efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...