Jurnal Pendidikan West Science
Vol 1 No 10 (2023): Jurnal Pendidikan West Science

Peran Kurikulum Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi Informasi dan Kritis Pada Era Digital di Indonesia

Muhamad Ammar Muhtadi (Universitas Nusa Putra)
Indiyah Prana Amertawengrum (Universitas Widya Dharma Klaten)
Dewi Ayu Prastica (Institusi Agama Islam Negeri Jurai Siwo Metro Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Di era digital, pengembangan keterampilan literasi informasi dan kritis sangat penting untuk menavigasi lanskap kompleks informasi dan komunikasi digital yang melimpah. Analisis kuantitatif ini menggali peran kurikulum pendidikan dalam meningkatkan literasi informasi dan literasi kritis di Indonesia. Studi yang melibatkan pendidik, siswa, dan pemangku kepentingan ini menilai perspektif, kemahiran, dan analisis kurikulum yang terkait dengan literasi ini. Temuan-temuan yang ada menunjukkan bahwa keterampilan-keterampilan tersebut diakui sangat penting, namun masih terdapat kesenjangan yang mencolok dalam hal pelatihan dan penyelarasan kurikulum. Tingkat kemahiran siswa dalam literasi informasi dan literasi kritis menimbulkan kekhawatiran, sementara dokumen kurikulum menunjukkan keragaman cakupan. Rekomendasi yang diberikan mencakup pelatihan guru yang komprehensif, peningkatan kurikulum, akses yang setara, integrasi pemikiran kritis, dan evaluasi yang berkelanjutan. Penelitian ini berkontribusi pada wacana pendidikan di era digital dan menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan dan peningkatan kurikulum di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...