Jurnal Pendidikan West Science
Vol 1 No 10 (2023): Jurnal Pendidikan West Science

Urgensi Menghadapi Hambatan Digital dalam Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Siswa di Jawa Tengah

Rival Pahrijal (Universitas Nusa Putra)
Salwa Aulia Novitasari (Universitas Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Di era yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat, mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan dipandang sebagai kekuatan transformatif yang berpotensi menjembatani kesenjangan pendidikan dan memberdayakan siswa. Namun, kesenjangan masih tetap ada, terutama di wilayah seperti Jawa Tengah, Indonesia, di mana hambatan digital menghalangi kemampuan siswa untuk memanfaatkan potensi penuh teknologi dalam pengalaman belajar mereka. Analisis kuantitatif ini menggali urgensi dalam menghadapi hambatan digital ini, dengan meneliti dampak dari terbatasnya akses ke perangkat digital, masalah konektivitas internet, kurangnya literasi digital, dan tidak adanya konten pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan siswa di Jawa Tengah. Temuan penelitian menggarisbawahi pentingnya hambatan-hambatan ini, dan memberikan ajakan untuk bertindak bagi para pembuat kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan untuk mengatasi kesenjangan digital, mendorong akses yang adil ke sumber daya digital, meningkatkan literasi digital, dan mempromosikan konten pendidikan yang dilokalkan. Karena Jawa Tengah dan daerah-daerah lain dengan tantangan serupa menghadapi era digital, mengatasi hambatan-hambatan ini menjadi sangat penting untuk memastikan masa depan pendidikan yang lebih cerah bagi semua siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...