JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 11 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi Reward Asyik dalam Pembelajaran Kognitif Sains di TK Rismaba Cikarang

Rokhanah Rokhanah (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Diana Asa Agustina (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Hana Yasmin (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Kemampuan kognitif sangat diperlukan oleh anak dalam rangka mengembangkan daya persepsinya berdasarkan apa yang dia lihat, dengar, dan rasakan, sehingga anak memiliki pemahaman yang utuh. Melakukan kegiatan yang mengandung stimulus akan memberi kesempatan anak usia dini mengalami kematangan dalam kemampuan kognitif. Penggunaan dukungan pada anak menggunakan Reward ASYIK dalam kegiatan pembelajaran sains melalui eksperimen menjadi langkah strategis meningkatkan semangat pada anak usia dini. Penelitian yang dilakukan di TK Rismaba Cikarang diharapkan anak menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan belajar mengajar, dapat mengontrol perubahan tingkah laku peserta didik dengan penguatan, serta membuat anak lebih fokus, yang mana sebelumnya tidak setiap kegiatan anak dapat mengikutinya dengan semangat yang tinggi. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Objek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Rismaba Cikarang. Ketika anak dapat mengikuti setiap langkah kegiatan maka anak diberikan Reward ASYIK berupa kata-kata “Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Berhasil. Yes!!!” oleh pendidik bersama teman lainnya. Dari hasil pengamatan, pemberian Reward ASYIK membuat anak antusias dalam kegiatan pembelajaran, sangat menyenangkan bagi anak, dan dapat meningkatkan minat belajar anak di lembaga TK Rismaba Cikarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...